Minggu, 29 April 2012

Aman mengendarai motor saat hujan


Aman Mengendarai Motor Saat Hujan

Musim hujan memang penuh tantangan, jika guyuran hujan cukuyp deras, genangan dan banjir bisa mengancam, terutama bagi anda yang tengah melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Berkendara dengan mobil bisa dibilang relatif aman dan terlindung hujan. Namun, tantangan terbersar adalah jika anda mengendarai sepeda motor.

Saat mengendarai sepeda motor,terpaan hujan bisa membuat tubuh basah kuyup. Selain itu, cipratan air hujan yang mengenai mata bisa mengganggu pengeliahatan selama berkendara.keselamatan berkendarapun semakin berkurang.Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan sejumlah hal berikut ini.

Pertama,siapkan perlengkapan untuk menghadapi hujan,seperti jas/mantol hujan,helm,dam sepatu yang alasnya tidak licin. Sebaiknya anda memilih mantol hujan yang bermodel setelan ( baju dan celana ) karena mantol hujan bermodel jubah rentan tersangkut pada roda dan tidak mampu menutup bagian tubuh seluruhnya.
Helm pun sebaiknya dipiilih yang model full-face ( kepala tertutup). Model halfface tidak mampu melindungi kepala anda sepenuhnya sehingga ada kemungkinan bagian kepala basah terkena hujan. Agar pandangan lebih jelas, buka kaca helm anda. Sementara itu, sepatu yang tidak licin akan memudahkan anda dalam menginjak rem dan memindahkan gigi / persneling.

Kedua, tetaplah berkonsentrasi saat berkendara. Anda perlu tetap siaga saat menarik gas / mengerem. Naikkanlah atau turunkanlah persneling dengan perlahan dan hati-hati. Jagalah kestabilan kecepatan anda. Perhatikan pula kondisi jalan. Sebida mungkin hindari lokasi-lokasi dengan genangan yang bisa jadi diakibatkan jalan berlubang.

Ketiga, perhatikan kondisi sepeda motor anda. Sebelum berkendara melintasi hujan,cermati kondisa ban ( termasuk tekanan angin dan permukan ban motor),rem ( ganti kampas rem jika sudah menipis), busi ( busi tertutup rapat dan tepat), dan knalpot ( setelah terkena air hujan,bersihkan dan keringkan knalpot).Bagian-bagian sepeda motor lain seperti rantai,box filter, dan jari-jari roda juga perlu diperhatikan. Jangan lupa, cuci sepeda motor anda setelah dikendarai menembus hujan. Tujuannya,mencegah karat pada komponen-komponen mesin akibat terkena air hujan yang mengandung asam dan kadar garam yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar